Upacara Penutupan TMMD ke 105 Tahun 2019 kota Makassar

La-capila.com, Makassar – Upacara Penutupan TMMD ke 105 tahun 2019 kota Makassar . Dengan Tema , Bersama TMMD Membangun untuk Meningkatkan Kesejahtraan Masyarakat,” turut menghadiri irup Brigjen TNI Dwi Darmadi ( Kepala Staf Divisi 3 Kostrad ) di jln prof. Fahruddin dg Ramang Kel Sudiang raya Kec Biringkanaya kota Makassar kamis (08/08/2019) pukul. (09:08) wita.

Adapaun nama nama yang turut mengahadiri acara penutupan yaitu :
Kolonel inf Djambar B ( Kapok Staf Ahli Pangdam XIV / Hsn )

  1. Kolonel Inf Adriyanto SE ( Dandim 1408 / BS )
  2. Kombes Pol Wahyu Dwi Ariwibowo Sik ( Kapolres Tabes Makassar )
  3. Andi Syhrul Makkuradde .( Meqakili PJ/ Wali Kota Makassar)
  4. Letkol Laut kh Bahtiar ( Mewakili Danlantamal IV / )
  5. Akbp Darminto S.sos ( Danyon A Pelopor )
  6. Letkol inf Andi Parenrengi ( Pabandialurja Kodam XlV / Hsn )
  7. Drs Asis Hasan ( Asisten 1 Pemkot Makassar )
  8. Mayor inf Edi Purwanto ( Kasi Penmetak kodam XIV / Hsn ) .
  9. Para Danramil Pasi dan Wadanrami kodim 1408 / BS
  10. Para Lurah Se kecamatan Biringkanaya .
  11. Kompol Ashari ( Kapolsek Biringkanaya )
  12. Sekitar 150 orang tamu undangan

Adapun susunan personil Upacara :

  1. 1 SST Korsik dpp Kapten C aj Arlis Manaf .
  2. 1 SSK Satgas TMMD dpp Kapten Inf Nisan .
  3. 1 SST Yon Raider 700 / Wyc , dpp Letda Inf Karel .
  4. 1 Sst Yon Kav / Mendageri dpp Sertu Burhanuddin
  5. 1 Sst Yon Zipur 8 / Smg dpp Letda czi Junardi .
  6. 1.Regu Marinir dpp Serka Yudha
  7. 1 SST Brimob Polda Sul sel dpp Aiptu Askar .
  8. 1 Sst Satpol PP ddp Bpk Mulyadi Umar .
  9. 1 Sst Siswa SMA Kartika dpp Sdr Amir .

Tutur kata,” Brigjen TNI Dwi Darmadi Salam sejahtera bagi kita semua, Syaloom, Om Swastyastu.Yang saya hormati, Wali Kota Makassar Yang Forkopimda Kota Makassar, Yang saya hormati, para kepala OPD Kota Makassar saya hormati, para unsur pejabat TNI dan Polri serta para Kota Para instansi vertikal pimpinan Makassar Para Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, para undangan dan segenap Prajurit TNI, Polri serta unsur Satgas TMMD yang saya cintai dan saya banggakan .

Puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Besar, Allah Subhanahu Wata’ala, atas segala limpahan rahmat dan karunia-Nya, sehingga kita dapat menyelesaikan seluruh tahapan pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-105 Tahun Anggaran 2019, dalam keadaan sehat wal’afiat.

Selama 30 hari para prajurit TNI, anggota Polri,Pemerintah Daerah dan segenap komponen masyarakat, telah bekerja keras dan kebersamaan,
dengan dilandasi semangat kemanunggalan untuk menyelesaikan program TMMD ke-105. Kebersamaan yang merupakan ditunjukkan
refleksi dari kemanunggalan yang hakiki komponen
antar segenap bangsa untuk meningkatkan
kesejahteraan masyarakat .

Kebersamaan seperti inilah sebenarnya hakekat dari Kemanunggalan TNI-Rakyat yang merupakan roh perjuangan bangsa dan akan terus kita bangun serta pelihara, guna menyiapkan Ruang, Alat dan Kondisi Juang yang tangguh untuk kepentingan pertahanan negara yang bersifat semesta, sebagai ciri khas Negara Indonesia.

Oleh karena itu, pada kesempatan yang sangat baik ini, saya sebagai Penanggung Jawab
Keberhasilan Operasi menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang tinggi Makassar, tokoh (PKO) TMMD saya kepada Gubernur Sulsel, Walikota, toko agama, tokoh pemuda, segenap komponen masyarakat dan unsur lainnya yang telah TMMD terkait bahu-membahu dapat sehingga terselenggara sesuai rencana dengan aman dan
kegiatan ke-105 lancar .

Sedangkan pada sasaran non fisik antara lain penyuluhan Narkoba, penyuluhan HIVIAIDS,
penyuluhan dan pelayanan KB Kesehatan, penyuluhan Bela Negara (Wawasan Kebangsaan), penyuluhan paham radikalisme, penyuluhan terorisme, penyuluhan penanggulangan bencana alam dan pemutaran film perjuangan.

Hal tersebut, dilakukan bertujuan diarahkan
xuntuk menambah wawasan serta pengetahuan
masyarakat dan sekaligus menjadi upaya penguatan terhadap Imunitas Bangsa dalam rangka peningkatan daya saing generasi muda yang berkarakter Oleh karena itu dengan selesainya
kegiatan ini, diharapkan sinergitas yang telah terjalin agar dipertahankan ditingkatkan lainnya sehingga mewujudkan kehidupan yang lebih aman, nyaman, tenteram dan sejahtera bahkan lebih diberbagai aspek pengabdian .

Kebersamaan seperti inilah sebenarnya hakekat dari Kemanunggalan TNI-Rakyat yangmerupakan roh perjuangan bangsa dan akan terus kita bangun serta pelihara, guna menyiapkan Ruang, Alat dan Kondisi Juang yang tangguh untuk kepentingan pertahanan negara yang bersifat semesta, sebagai ciri khas Negara Indonesia.Oleh karena itu, pada kesempatan yang sangat baik ini.

Pada kegiatan TMMD ke-105 TA 2019 di XIV/Hasanuddin wilayah Kodam telah diselenggarakan di empat lokasi, untuk Kodim 1408/BS dilaksanakan di Kelurahan Sudiang Raya Kecamatan Biringkanaya dengan sasaran fisik diantaranya pengerasan jalan dengan paving blok 668,80 meter, pembuatan drainase 1.222,80 meter dan pembuatan dekker 13 buah.

Sedangkan sasaran tambahan antara lain
pemasangan keramik lantai 1 Masjid Abdullah seluas 80 x 10 meter persegi dan pemasangan plafon Masjid Nur Dewi persegi seluas 9 x 7 meter Oleh karenanya, dalam TMMD kali ini, fokus pembangunan fisik yang meliputi pembangunan infrastruktur, khususnya menunjang masyarakat. Diarahkan pada sasaran fasilitas umum dan sosial guna peningkatan kualitas hidup serta tercipta masyarakat yang mandiri dan berkualitas.

Dengan tema TMMD ke-105 yaitu “Bersama TMMD Membangun Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat Sebelum menutup amanat saya ucapkan terima kasih yang setinggi – tingginya atas dedikasi, kerja keras dan semangat para personel Satgas, baik dari Kodim 1408/BS Yonif Raider 700MWira Yudha Cakti, Yonkav 10/Mendagiri, Yonzipur 8/Sakti Mandra Guna Yonarhanud 4/Arakata Akasha Yudhaka, Lantamal VI/Makassar, Koopsau II dan Brimob Polda Sulsel.

Selamat kembali ke satuan masing-masing, dengan penuh kebanggaan karena telah mulia melaksanakan berhasil kegiatan TMMD ke-105. Saya ucapkan terima kasih banyak kepada masyarakat berpartisipasi aktif menyukseskan pelaksanaar Biringkanaya .

TMMD ke 105 tahun 2019.Apabila selama kegiatan berlangsung ada kurang berkenan, baik kata maupun tindakan mohon dimaafkan.

TNI Semoga Tuhan Yang Maha Esa, Allah
Subhanahu Wata’ala, senantiasa melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita dalam melanjutkan pengabdian Negara Kesatuan Republik Indonesia kepada Bangsa.

Demikian amanat saya, akhirnya, dengan Allah kehadirat mengucap puji syukur Subhanahu Wata’ala, kamis (08/08’2019) Pukul (09.29) Wita, Manunggal Membangun Desa ke-105 Tahun anggaran 2019, secara resmi saya nyatakan ditutup. (Rudi/LC)

Tinggalkan Balasan